Latest Music :

ziddu

Home » » pEnEmu caMpuRaN kiMia

pEnEmu caMpuRaN kiMia

Monday, January 5, 2009 | 0 komentar





Abu Musa Jabir bin Hayyan, atau dikenal dengan nama Geber di dunia Barat, diperkirakan lahir di Kuffah, Irak pada tahun 750 dan wafat pada tahun 803. Kontribusi terbesar Jabir adalah dalam bidang kimia.

Keahliannya ini didapatnya dengan ia berguru pada Barmaki Vizier, di masa pemerintahan Harun Ar-Rasyid di Baghdad. Ia mengembangkan teknik eksperimentasi sistematis di dalam penelitian kimia, sehingga setiap eksperimen dapat direproduksi kembali. Jabir menekankan bahwa kuantitas zat berhubungan dengan reaksi kimia yang terjadi, sehingga dapat dianggap Jabir telah merintis ditemukannya hukum perbandingan tetap.

Jabir Bin HayyaN (721 - 815 M) termasuk salah seorang pakar kimia islam.Dialah orang yang pertama kali menemukan campuran kimia antara berbagai materi,misalnya,arsenic ( zirnikh),antimony (itsmid).Teori yang kuat menyatakan bahwa hal itu akan dinamakan teori tambang air raksa.Di antara penemuannya yang lain adalah campuran baja,pemakaian O2 dalam pembuatan kaca dan lain2.

Kontribusi lainnya antara lain dalam penyempurnaan proses kristalisasi, distilasi, kalsinasi, sublimasi dan penguapan serta pengembangan instrumen untuk melakukan proses-proses tersebut.

Penemuannya telah dijadikan dasar oleh para ilmuwan eropa pada abad pertengahan untuk menyingkap rahasia kimia.

Karya Jabir antara lain: Kitab Al-Kimya (diterjemahkan ke Inggris menjadi The Book of the Composition of Alchemy) , Kitab Al-Sab’een, Kitab Al Rahmah, Al Tajmi, Al Zilaq al Sharqi, Book of The Kingdom, Book of Eastern Mercury, dan Book of Balance.
Share this article :

No comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FaLLin to my worLd - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger